Mumi Fir’aun di Indonesia (Lampung)

Mask_of_Tutankhamun__s_mummy_by_GardiKemarin tgl 11 Mei 2009, seperti biasa tiap hari senin aku libur kerja, aku diajak cewekku untuk ngeliat mumi dari Mesir katanya didatangkan langsung dari sana. “Hah!!!” aku terheran heran apa bener, ato cuman bohongan, karena menurutku gak mungkin banget, kalopun memang asli gak mungkin banget dengan gampangnya dibawa bawa ke mana mana ( Indonesia) palagi Lampung, kok tidak Jakarta yang penduduknya jelas jelas lebih banyak. Aneh, jangggal emang!

Akhirnya jam 16.00 aku meluncur juga ke Mall Kartini, Tanjung Karang Bandar Lampung. Dari luar Mall tidak ada spanduk ato promo besar besaran tentang adanya mumi di Mall itu. Sejenak aku ingat ingat sepanjang perjalanan menelusuri kota Bandar Lampung juga gak ada satupun promo tentang acara itu. Aneh!!. Terus aku masuk kedalam dan barulah ada barang barang promo yaitu beberapa x banner, promo yang gak sebanding dengan materi acara sesungguhnya, sebuah mumi Firaun. Di X banner itu disebutkan bahwa acara ini kerjasama dengan konsulat kedutaan Mesir. Akupun lalu membeli 2 tiket seharga 12500 rupiah per orang, gratis perdana Luna Maya selaku Sponsor acara tersebut dan gratis foto 1x, lumayan foto sama mumi kupikir. Sambil menunggu giliran masuk ke ruangan tertutup, akupun mengantri. Tiba tiba ada orang berperawakan orang Mesir, karena mirip dengan foto orang kedutaan yang ada di banner, ngobrol macem macem seolah olah dia tidak tahu apa apa, tapi didalem hati kubilang ni dia pengusahanya, CATCH YOU!!!

11942311960Memasuki ruangan pertama yang didesain kayak bioskop mini, kita disuguhi video berupa bagaimana mumi ditemukan, piramid dibuat, dan simulasi pembuatan mumi olehsalah satu perguruan tinggi di AS, intinya mayat yang telah mati dikeluarkan organ organ basahnya terlebih dahulu, kemudian ditaruh di sebuah tempat, kayak guci, satu organ satu tempat. kemudian mayatnya di balsem, sampai 35 hari. setelah mayat kering baru dilakukan pembungkusan (apa ya istilahnya, yang kayak diperban itu lho). setelah video selesai selama kurang lebih sepuluh menit, kita diajak keruangan sebelahnya, yang berisi mumi dan beberapa peninggalan bangsa mesir kuno dan foto foto piramid, Tutankhamun, Mesir, dll. Petugas menjelaskan bahwa itu adalah mumi dari raja Firaun paling muda yaitu Tutankhamun, yang hidup 1322 SM, dan aku gak begitu peduliin dia ngomong apalagi, karna kupikir bisa nyari info di internet, aku lebih perhatian sama muminya, dalam hati kubertanya ini ASLI opo GAK??? kuliat liat memang sepertinya asli, kalo diliat dari perbannya yang seperti benda yang emang lama usianya. tapi kok gak lapuk, ato gimana, masih rapi cuman warnanya emang udah pudar, tapi tidak mencerminkan kalo udah berusia ribuan tahun. Satu satunya yang bisa diliat langsung, karena tidak tertutup perban, adalah giginya, dalam hatiku apa buktinya kalo ini emang si Tutankhamun Firaun termuda. Eh si petugas langsung menginformasikan salah satu foto yang ada itu adalah Tutankhamun waktu ditemukan, dan pengunjung disuruh memperhatikan giginya yang ada di foto dengan mumi tersebut, bahwa itu adalah sama. Sekilas emang sama, tapi kan tempatnya gelap, satu satunya benda yang gak disorot lampu adalah mumi tersebut. WHAT THE HELL!!! waktu udah abis, tanpa ada kesempatan bertanya balik ke petugas. Waktunya berfoto! eh kupikir akan berfoto bersama mumi, lumayan untuk kenang kenangan, halah ternyata cuman berfoto di depan sebuah background bermotif Piramid dan si Anubis terbuat dari digital printing, ealah mending aku foto dewe, trus tak edit dewe jelas jelas luwih puas, luwih apik!!!

071009-king-tut_bigBanyak kejanggalan yang aku rasa di acara show off mumi ini, pertama mumi ini kalo emang bener bener asli Tutankhamun raja Firaun termuda, seharusnya ini adalah barang arkeologi yang dilindungi dan gak sembarangan dibawa kemana mana, diluar ada tidaknya kutukan seperti yang ada di film mumi. Kedua kalopun boleh dibawa keluar Mesir, dan terpilihlah Indonesia sebagai salah satu tempat roadshow mumi Tutankhamun, kok yo nang Lampung, kok gak nang Jakarta yang lebih banyak orangnya dan jelas jelas akan lebih ramai dibanding Lampung. Ketiga , kalopun emang asli, benda arkeologi kelas dunia ini hanya dijaga oleh 2-3 orang security, 2 diluar ruangan dan 1 di dalam ruangan yang tugas utamanya adalah mengingatkan, menindak, dan memberi sangsi kalo ada yang nekat mengambil foto. Dan tidak ada orang perwakilan dari konsulat kedutaan Mesir satupun untuk ikut mengawasi, kecuali orang yang ngajak aku ngobrol di antrian( paling paling dia cuman dari EO aja). Keempat, benda benda arkeologi tersebut semua di terangi lampu, kecuali The Mummy, sang tokoh utama pertunjukan, dibiarkan gelap gelapan, mungkin untuk mengaburkan pandangan pengunjung. Kelima, petugas seperti memburu waktu dalam menjelaskan, dan tidak memberi kesempatan pengunjung untuk bertanya balik, petugas hanya melontarkan berapa usia mumi sekarang? Liat giginya sama nggak? hanya 2 pertanyaan yang interaktif, selebihnya seperti membaca teks Proklamasi. ACARA YANG ANEH!!!

Diluar keanehan yang terjadi, ini adalah bisnis yang bagus, unik, aneh, lain dari yang lain. Dalam durasi kurang lebih 20 menit, pengunjung 20 orangan, menghasilkan omzet sebesar kurang lebih 250.000 rupiah. Atau sejuta per jamnya. Banyak orang yang gak percaya, tetapi malah itu yang membuat orang membeli tiketnya . Gak banyak promo, hanya mengandalkan mouth to mouth promotion, gak banyak bayar pegawai, dapat sponsor pula. Dan saya mungkin membuat tulisan ini terjebak dengan pola mouth to mouth promotion yang di buatnya. Diluar kebohongan ato tidaknya acara roadshow The Mummy di Lampung ini, emang layak diliat, karena jarang jarang ada tontonan seperti ini. Mungkin juga memberi inspirasi pengusaha lain untuk membuat acara serupa tapi tak sama dengan menghadirkan tontonan yang laen. SALUTE FOR THE IDEA!!! RIGHT!!!

Pengusaha acara ini pasti berotak kanan!

~ oleh selaludidepan pada Mei 12, 2009.

18 Tanggapan to “Mumi Fir’aun di Indonesia (Lampung)”

  1. wah2
    emang bener tu
    gw aja gk percaya
    si king tut dibawa ke lampung
    gara2 gk percaya itu gw juga beli tiket hehehe

  2. iya iya
    tadi uda gw liat di wikipedia
    “Subsequent events have propelled an encore of the exhibition in the United States, beginning with the Dallas Museum of Art in October 2008 which will host the exhibition until May 2009.The tour will continue to two other U.S. cities, the second of which has yet to be named[32], but after Dallas the exhibition will continue to the de Young Museum in San Francisco.”
    jadi skarang masih di San Fransisco ya kan?

  3. Halo teman2 acara mumi yang dilampung adalah kelanjutan mumi yang di Jakarta, mumi yang ditampilkan adalah benar dari Kedutaan dan piramid_com sebagai EO mendapat lisensi khusus dari kedutaan Mesir di Jakarta. Mengenai lampu yang gelap itu memang peraturan dari Kedutaan Mesir dikarenakan di Cairo hampir ruangan museum memang remang2.

    Acara ini tujuannya sebagai pemahaman kepada penduduk Indonesia bahwa Fir’aun itu tidak hanya 1 seperti mayoritas penduduk Indonesia kenal (Musa) tetapi ada ratusan. tujuan pameran ini adalah sebagai edukasi kepada pengunjung, bukan asli atau tidaknya. Dari sini kita tahu bahwa ribuan tahun yang silam Mesir adalah negara yang memiliki peradaban modern. Hal ini terlihat bagaimana mereka membangun piramid, membuat mumi, serta sarkofagus yang dari emas murni.

    terima kasih atas komentarnya

    PIRAMID

  4. thanks, mas Qalam dari piramid….
    gw ga peduli tu mumi darimana … tapi berkat adanya acara ituch
    gw jadi ngeehh… klo fir’aun itu banyak juga, dan ga semua
    fir;aun kacrut juga klakuannya. buktinya ada juga fir;aun yg
    mengakui Tuhan itu Esa (amenhotep) and gw ma temen-temen
    se RT sepakat klo acara piramid GOOOO… TERRRUUUSSSS!!!!!
    Untuk EDUKASI … APAPUN harus disampaikan….
    JIKA bertanya REAL OR NOT REAL….. JUSTRU KITA UDAH DIKEBIRI
    DARI JAMAN DULU DENGAN PEMAHAMAN DARWINISME, BAHWA
    MANUSIA BERAWAL DARI MONYET YG BEREVOLUSI… NAHH….
    GWE PIKIR… INI YANG DIMAKSUD DENGAN “PEMBODOHAN PUBLIK”.. klo yg mumi ini adalah ” PENCERDASAN PUBLIK” … POKOK E.. WHAT EVER EVERYONE SAID…. GO PIRAMID GOOO….GO MUMI GOOO…
    Cerdaskan INDONESIA DENGAN SUGUHAN EDUKASI & ENTERTAIMENT… SALUT FOR PIRAMID GW ACUNG JEMPOL 4… hehehe.. jempol tangan ma jempol kaki… SUKSES BRO !!!

  5. Iya bagus idenya, aku juga akui itu. Tapi ya harus didukung dengan informasi yg jelas donk, kalopun emang asli, harus dijelasin diawal kenapa mumi firaun ini bisa dibawa kemana2, trus apa tujuannya. Jadi gak kayak kerbau dicocok hidungnya, pengunjung paling gak diberi kesempatan bertanya, dan untuk lebih menyakinkan, mbok ya petugas yg ngejelasin tentang mumi dr perwakilan kedubes mesir. Gitu khan sama2 enak!

  6. Oke terima kasih semuanya, masukan teman-teman menjadi bahan koreksi bagi kami. Sebenarnya artikel yang ada di dinding sudah lengkap semua tinggal kemauan dari pengunjung untuk membacanya, mengenai waktu, sebenarnya kita tidak membatasi waktu di dalam, cuma biasanya pengunjung latah kalo yang lain keluar pasti pada ikut katanya serem padahal tidak.

    Untuk selanjutnya kami akan meneruskan perjalanan ke palembang sampai Aceh karena tugas yang diberikan kepada kami adalah mensosialkan event ini ke 40 kota seluruh Indonesia termasuk Lampung, dan buat teman2 kami sekali lagi mengucapkan terima kasih karena 5% dari tiket yang anda beli kami akan sumbangkan ke anak-anak yatim atau orang yang membutuhkan.

  7. Ok selamat jalan pak

  8. Thx bgt bwt piramid comm,coz ud ngsh gw info yg cool..two thumbs up brad…

  9. mas…niy ada lagi yg perlu dipikirkan….
    PEDANG RASULULLAH bakaldi bawa ke sidoarjo -jawa timur….
    apakah ini juga sebuah tipuan yg hanya untuk tujuan “mencari uang”?

  10. woooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooow satu lagi ni kekuasaan tuhan yang udah kita lihat betapa menakjubkannnnnn sekaliiiiiiiii,,,,,,aku terkesima jadinya #_#

  11. sungguh mengagumkan!!!!!
    tapi dikatakan tadi ada kejanggalan!!!!
    mungkin itu mumi dari masyarakat Toraja”
    mungkin X ya,,,,,

    ?????????

  12. ituh ta benar yang asli itu ada di mesium mesir saya lihat sendiri dia ada di musium

  13. Tuhan memang adil,Firaun tuch kan orang yg sngat jahat..
    jdi penduduk sana tetap membelax..jdi pda waktu mereka semua mati,tulang belulangx berpencar,yg kepala diIndonesia yg kaki siInggris yg tangan diBelanda dsb…
    sngat mengagumkan bnget…

  14. Di Kalimantan juga udah ada kok, kaya d Samarinda n Balikpapan, jadi bukan cuma d lampung aja.
    kata mas-mas nya stelah 22 kota d Indonesia, baru d kmbalikan k mesirnya. ini smua kan pasti ada tujuan baiknya, bukan boong2an. n lagi pula mumi firaun Tut gak pake kutukan2 kok,ilmuwan yg dulu mati kan cuma cuz adax microorganisme kaya jamur n bakteri mematikan yg ikut tersimpan di tempat petinya disimpan.
    coba waktu liat mumix beli dvdnya juga,bagus looh,nambah pengetahuan.
    wuiiiih pokoknya menyenangkan deeh bisa tau tentang mummy dari mesiir…!

  15. ea pow masak sich g munkin!!!!masak mayatnaya rja firaun ampe sini g mungkin bgt!paling cm duplikatnya!!!aneh bgt

  16. di solo jga ada,, aku jg rasa janggal tu

  17. firaun emang kejam

  18. ngomong-ngomong og mirip sama artis kita ea,,, siapa tu namanya, lupa aq….coba dah diamati!!!! jangan-jangan keturunan fir’aun ada yg di indonesia?????😀

Monggo dikomen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: