Mesin teririt, ITS jadikan Indonesia no 1 dalam Shell Eco Marathon

Sapu Agin 2 , 238 km per liter

Hari ini tepatnya sore tadi di Sepang Internasional Sirkuit terjadi sorak sorai di paddock tim Mesin ITS, karena prestasinya menjadi nomer satu di Shell Eco Marathon Asia, sungguh prestasi yang sangat membanggakan bagi tim pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Kompetisi ini di ikuti oleh beberapa Universitas di Asia seperti China, Jepang, Iran, Pakistan, Malaysia dan Singapura. Dan saat ini ITS unggul di kompetisi irit bahan bakar untuk kategori Urban Concept. Mobil yang didesain dengan tujuan irit bahan bakar dengan tetap memenuhi fungsi-fungsi yang lain seperti stabilitas, keamanan dan kenyamanan. Dari peserta yang sudah mengikuti tahap uji pertama, hanya 4 tim yang lolos, yaitusatu tim ITS, 2 tim UI dan satu tim dari Universitas Pahang Malaysia. Tim yang lain dari ITB dan UGM belum lolos tahap awal ini.Besok masih ada kesempatan 1 hari lagi untuk mengutak-atik agar lolos tahap 1 ini.

Dan dari 4 tim ini, nilai ITS jauh di atas 3 tim yang lain. Untuk 1 liter bensin ITS mampu bertahan hingga 238 km. Sementara UI hanya mampu mencapai 39 dan 52.Sementara Universitas Pahang hanya mencapai 39 km. Nilai yang dicapai ITS mungkin akan sulit dikejar tim-tim lain baik dari Indonesia maupun dari negara -negara lain yang berkompetisi di kategori yang sama. Nilai ITS ini bahkan lebih tinggi dari nilai yang dicapai kompetisi serupa yang diadakan di Amerika oleh Shell, perusahaan minyak multinasional. Nilai tertinggi selama ini hanya 180 km yang dicapai di Shell Eco Marathon Amerika.

Sapu Angin 1

Untuk kategori Prototype, dimana kenyamanan dan keamanan tidak menjadi ukuran, hanya semata-mata tingkat keiritan, Tim dari Jepang dan China sementara unggul dengan keiritan yang diperkirakan sulit dikejar oleh tim-tim Indonesia baik ITS, ITB, UI atau UGM. Tetapi kita berharap Tim ITS masih bisa unjuk gigi. Paling tidak, unggul diantara tim-tim dari Indonesia sendiri.

untuk mendukung klik disini:
(http://www.shell.com/home/content/ecomarathon/media_centre/media_hub/)

on starting grid at Sepang International Circuit

untuk spek mesin tunggu postingan selanjutnya

sumber : milis mesin its, http://www.facebook.com/pages/Mesin-ITS-Team-Shell-Eco-Marathon-Asia-2010

Mesin Uber Alles!!!

~ oleh selaludidepan pada Juli 10, 2010.

8 Tanggapan to “Mesin teririt, ITS jadikan Indonesia no 1 dalam Shell Eco Marathon”

  1. para mahasiswa Indonesia yang turun dalam kompetisi tersebut pernah di tayangkan di “Kick Andy” di layar metro TV.
    ITS memang lebih jagoan di banding ITB, UI & UGM, dalam hal mobil beginian. Mereka telah turun temurun melakukan riset dan uji coba, jadi…..layak menjadi yang terbaik.
    Dalam pandangan saya, dalam tayangan di “Kick Andy” yang lalu, UI & UGM masih tiga step di bawah ITS, sedangkan ITB menampilkan konsep yang cukup keren karena menyajikan teknologi injeksi.

  2. sebenarnya kita juga pake teknologi injeksi bos, cuman setingan masih belum sempurna karena belum menemukan sistem injeksi yang pas buat mesin 35 cc, sistem injeksi yang ada untuk 125 cc…dan setelah di uji coba dan berbagai setingan…pake karbu malah lebih irit…jadinya ya mending pake yang karbu aja…

  3. ITS CUK!!!! (cerdas, ulet, kreatif)

  4. weww…keren bner…tp kalo diproduksi massal….bakalan terkendala ama bentuknya yg aneh:mrgreen:

  5. Namanya juga skala perlombaan…

  6. Bravo teknologi INDONESIA…

  7. Vivat….

  8. wah2,indonesia g akan kalah m luar negeri klo mahasiswanya kayak begini semua,acungin jempol buat anak indonesia,stay spirit indonesia….

Monggo dikomen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: